Backpackers Go to Bromo: Rafting at Songa Adventures

Salam Ransel
Melanjutkan postingan yg kemaren..postingan kali ini tentang pengalaman seru kita rafting di songa adventure.
Akhirnya setelah menempuh perjalanan dari Bandung-Pekalen sekitar lebih dari 20 jam tanpa istirahat, kami backpacker kece tiba di Songa Adventure..setelah menyelesaikan administrasi, ganti baju dan sholat..maka dimulailah petualangan kami.
Sebelum menujun sungai tempat kami rafting, kami diharuskan memakai perlengkapan rating diantaranya pelampung, helm dan dayung dan masing2 perahu didampingi oleh 1 instruktur. Untuk menuju sungai kami diharuskan menaiki mobil pick up, lama perjalanan sekitar 30 menit dan Alhamdulillah udara saat itu cukup cerah. Melewati pemukiman warga, pemandangan kiri-kanan terpampang sawah-sawah, pohon-pohon, kebun-kebun plus semilir angin berhembus menambah seru perjalanan kami walaupun jalan yg kami lalui tidaklah mulus..:)

2

3
Setelah sampai di tujuan, apakah kami lgsg rafting? Tentu tidak..kami masih harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak yg lumayan licin, dengan badan yg sudah dipasangi pelampung ditambah harus berjalan kaki, lumayan membuat saya engap..ngos2an..hehehe.

100_2180

And finally, kami tiba di sungai pekalen atas tempat kami rafting, sebelum memulai rafting, masing2 instruktur memberikan penjelasan apa yg harus dilakukan dan apa yg tidak boleh dilakukan, hal ini penting untuk keselamatan kami. Sebagai informasi, panjang sungai yg kami lalui ini sekitar 13 km dengan arus yg cukup deras, tapi jangan khawatir di beberapa titik arus yg dirasa deras telah dijaga oleh beberapa tim SAR.

Tanpa menunggu lama, rafting pun dimulai…baru dimulai perahu kami disambut arus yg cukup keras dan cukup membuat saya dan imas berteriak kencang hahaha…sempat beberapa kali perahu kami oleng tapi dengan kelincahan instruktur perahu kami tidak pernah terbalik karena terjangan arus hihihihi. Karena derasnya arus..sempat beberapa kali badan saya terhempas ke kanan dan ke kiri, dan perahu kami juga kemasukan air..tapi itu semua tidak membuat saya takut..:D

IMG_6322
Setelah mengarungi arus yg cukup deras akhirnya kami melewati bukit2 dan terdapat air terjun si angin-angin dan ternyata terdapat juga goa kelalawar, beberapa teman ada yg bilang bau kelelawar sangat menyengat, tapi saya ga cium bau sama sekali (idung lg error  )..di spot yg bagus ini, tidak kami sia2kan untuk berfoto..di air terjun siangin-angin memang sengaja, kita yg sedang rafting boleh istirahat beberapa menit sambil mengabadikan keindahan air terjun siangin-angin.

100_2187

IMG_6355

Setelah puas berfoto, kami kembali menaiki perahu untuk menelusuri arus sungai, ternyata dipos pemberhentian selanjutnya kita disuruh makan+minum yg telah disiapkan oleh pihak rafting..lumayan untuk mengganjal perut yg lumayan lapar, dan minuman jahe anget yg membuat reda tenggorokan setelah sepanjang jalan saya selalu teriak..:)

4

100_2207

Setelah menikmati gorengan dan minuman hangat, kami kembali melanjutkan rafting dengan sisa kekuatan yg ada, perahu kami kembali mengarungi jeram-jeram selanjutnya, dan tentu saja saya lembali berteriak diikuti oleh tmn2 yg lainnya hihihi

Setelah hampir 2 jam dan 12 km sungai pekalen atas berhasil kita lalui dengan selamat..yeaaaayyy!!! Seru!! Of course lah..:). Kami kembali harus berjalan kaki untuk sampai d meeting point dan kembali menaiki pick-up untuk kembali ke Markas. Sampai d markas, kami bergegas untuk mandi karena pihak songa telah menghidangkan makan siang yg kesorean..makan malem yg kecepetan hehehe…lumayan untuk mengganjal perut yg daritadi kelaparan…:D

523393_4611602048615_531675449_n

Setelah selesai makan dan berkemas, kami melanjutkan perjalanan ke terminal Probolinggo menuju Bromo.  Sekedar Informasi, biasanya bison beroperasi hanya sampai sore, tetapi karena sedang long weekend Alhamdulillah masih ada Bison yg beroperasi..karena jika tidak ada yg bison beroperasi kami terpaksa harus mencarter bison dan tentu saja harganya lebih mahal. Harga untuk 1 org penumpang yaitu Rp. 25.000 sedangkan carter 1 bison kira2 seharga Rp. 250.000-Rp. 300.000 (pintar2 menawar jg).

Bagaimana perjalanan kami selama di Bromo…nantikan kisah kami selanjutnya.,,again..still to be continued..:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s